SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. MENDENGARKAN
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat. | · Berterima kasih mis. Thank you Thanks anyway · Memuji mis. A: That’s a lovely cake B: Thank you · Mengucapkan Selamat mis. A: Congratulation! B: Thank you | · Mendengarkan percakapan inter-personal/ transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. | · Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih · Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji · Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X |
7.2 Merespon makna dalam per-cakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan. | · Menyatakan rasa terkejut. mis. Really! Oh? · Menyatakan rasa tak percaya mis. Are you serious? Oh,no! that’s not true · Menerima undangan, tawaran dan ajakan. mis That’s a great idea. Alright | · Mendengarkan percakapan inter-personal/transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. | · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut. · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya. · Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan.. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 8. MENDENGARKAN
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative,descriptive dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | · Iklan dan/atau undangan. · Kosa kata yang terkait/biasa dipergunakan dalam iklan dan/atau undangan. | · Mendengarkan iklan/undangan lisan di tempat-tempat khusus/ umum (sekolah, kelas, instansi pemerintah, instansi swasta, terminal, statsion, mall, dll) secara berkelompok. · Mendengarkan iklan/undangan melalui tape/script secara klasikal. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan dalam iklan/undangan secara berkelompok | · Mengidentifikasi topic dari teks yang didengar · Mengidentifikasi tujuan dari teks yang didengar · Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang didengar. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Kaset CD Lembar iklan atau undangan |
8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative, descriptive dan news item | · Teks lisan berbentuk narrative, · Teks lisan berbentuk descriptive · Teks lisan berbentuk news item | · Mendengarkan cerita/teks lisan yang diberikan melalui tape/lisan · Mendiskusikan makna informasi yang tersirat dari teks lisan tersebut secara berkelompok. · Mendiskusikan perbedaan yang terdapat dalam masing-masing cerita/teks secara berkelompok | · Mengidentifikasi kejadian dari teks yang didengar · Mengidentifikasi struktur teks yang didengar · Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks yang di dengar | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Kaset CD Text narrative, descriptive dan news item |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 9. BERBICARA
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (ber-sosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat. | · Berterima kasih mis A: Thank you very much B: Don’t mention it! · Memuji mis A: You look so beautiful! B: Really. · Mengucapkan Selamat mis A: Congratulations! B: Thank you. | · Menggunakan tindak tutur secara berpasangan · Bermain peran/role playing secara berpasangan. | · Menggunakan tindak tutur berkenalan. · Menggunakan tindak tutur bertemu/ berpisah · Menggunakan tindak tutur menyetujui tajakan/tawaran/undangan | Performance | 4X45 mnt | Kaset CD |
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan. | · Menyatakan rasa terkejut mis A: How can you say like that? B: Sorry , but that’s the fact. · Menyatakan rasa tak percaya mis A: I can’t believe it! B: That’s true. · Menerima undangan, tawaran, dan ajakan mis A: Thanks for your invitation. B: I look forward to seeing you. | · Menggunakan tindak tutur secara berpasangan · Bermain peran/role playing secara berkelompok | · Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut · Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya, · Menggunakan tindak tutur menerima undangan, tawaran, dan ajakan. | Performance | 4X45 mnt | Kaset CD |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 10. BERBICARA
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
10.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | · Iklan dan/atau undangan. · Kosa kata yang terkait/biasa dipergunakan dalam pengumuman | · Menyampaikan Iklan dan/atau undangan secara lisan sesuai tema yang diberikan secara individu. · Menceritakan kembali isi Iklan dan/atau undangan yang telah diungkapkan oleh guru atau siswa lain | · Menyampaikan Iklan dan/atau undangan secara lisan. | Performance | 4X45 mnt | Kaset CD Lembar iklan atau undangan |
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item. | · Teks berbentuk Narrative · Teks berbentuk Descriptive · Teks berbentuk News item | · Menyampaikan penilaian terhadap karya satra secara berkelompok. | · Menggunakan tenses yang tepat dalam menceritakan suatu peristiwa. · Melakukan monolog tentang pengalaman pribadi sesuai dengan salah satu jenis teks yang telah diberikan. | Performance | 4X45 mnt | Kaset CD Text narrative, descriptive dan news item |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 11. MEMBACA
Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
11.1Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misal-nya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari. | · Teks berbentuk pengumuman, iklan, undangan, dll. | · Mengidentifikasi beberapa pengumuman, iklan, undangan, dll, yang tertulis di tempat umum, secara berkelompok. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan, secara berkelompok · Membacakan salah satu teks yang telah dibuat, secara individu. | · Membaca nyaring, jelas, dan bermakna, ragam tulis yang telah dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar. · Mengidentifikasi topic dari teks yang telah dibaca. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Lembar Iklan,undangan/ pengumum-an. |
11.2 Merespon makna dan lang-kah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item | · Teks tulis berbentuk Narrative · Teks tulis berbentuk descriptive · Teks tulis berbentuk news item | · Mengidentifikasikan perbedaan dan persamaan dari ketiga bentuk teks, secara berkelompok. · Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks, secara berkelompok. | · Mengidentifikasi isi teks. · Mengidentifikasi kejadian yang dibaca. · Menidentifikasi penilaian tentang karya sastra. · Mengidentifikasi struktur teks. · Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks · Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca. | Quiz Tertulis Tugas | 6X45 mnt | Text narrative, descriptive dan news item. |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 12. MENULIS
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misal-nya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari. | · Teks berbentuk pengumuman, iklan, undangan, dll. | · Menulis pengumuman, iklan, undangan | · Menghasilkan teks fungsional pendek dengan baik. | Tertulis Tugas Performance | 6X45 mnt | Artikel koran/majalah Lembar pengumuman Iklan, undangan, pengumuman |
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah reto-rika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive dan news item. | · Teks tulis berbentuk narrative · Teks tulis berbentuk descriptive · Teks tulis berbentuk news item | · Membuat draft teks berben-tuk narrative, descriptive, news item. · Menyempurnakan draft berdasarkan hasil koreksi teman. | · Menulis gagasan utama · Menghasilkan teks berbentuk narrative · Menghasilkan teks berbentuk descriptive · Menghasilkan teks berbentuk. news item. | Tertulis Tugas Performance | 6X45 mnt | Text narrative, descriptive dan news item |
Mengetahui Cicurug, September 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Didin Badruddin Pipin Aripin, S.Pd.,M.M.Pd
NIP. 130 615 772 NIP.480 124 377
No comments:
Post a Comment