SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. MENDENGARKAN
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji. | · Berkenalan mis. A: Hello,Soraya B: How do you do Sir A: Hi lizzy. How areyou? B: excellent · bertemu/berpisah mis A: nice to meet you B: nice to meet you too. · Menyetujui ajakan/tawaran/undangan mis. A: Would you like to go to the theater with me on Saturday night? B: Yes, I’d love t · Menerima janji Mis A: I’ll give you a gift B: It’s very kind of you · Membatalkan janji Mis A: I’m sorry I can’t go with you today B: It’s OK. We’ll go another tim. | · Mendengarkan percakapan inter-personal/transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. · Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara ber-kelompok. | · Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan. · Mengidentifikasi makna tindak tutur ber-temu/berpisah · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tajakan/tawaran/undangan · Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji · Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perha-tian, menunjukkan simpati, memberi instruksi | · Mengungkapkan perasaan bahagia mis. Oh, I’m so happy Great! · Menunjukkan perhatian mis. A: Look students do you know what I’ve got here B: Oh,no1 · Menunjukkan simpati mis. I’m sorry to hear about your father I know how you feel · Memberi instruksi mis. Crack an egg into a bowl like this Go to sleep. | · Mendengarkan percakapan inter-personal/transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. · Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didenganr secara berkelompok. | · Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia. · Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati. · Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian. · Mengidentifikasi makna tindak tutur memberi instruksi | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. MENDENGARKAN
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | · Pengumuman Lisan · Kosa kata yang terkait/biasa dipergunakan dalam pengumuman | · Mendengarkan pengumuman lisan di tempat-tempat khusus/umum (sekolah, kelas, instansi pemerintah, instansi swasta, terminal, statsion, mall, dll) secara berkelompok. · Mendengarkan pengumuman melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan dalam pengumuman secara berkelompok | · Mengidentifikasi topic sebuah teks fungsional pendek yang didengar. · Mengidentifikasi in-formasi tertentu dari teks fungsional pen-dek yang didengar. · Mengidentifikasi struktur teks fung-sional pendek yang didengar. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount,, narrative, dan procedure. | · Teks lisan berbentuk Recount. · Teks lisan berbentuk Narrative · Teks lisan berbentuk procedure | · Mendengarkan cerita/teks lisan yang diberikan melalui tape/lisan · Mendiskusikan makna informasi yang tersirat dari teks lisan tersebut secara berkelompok. · Mendiskusikan perbedaan yang terdapat dalam masing-masing cerita/teks secara berkelompok | · mengidentifikasi gagasan utama sebuah teks fungsional pendek yang didengar. · Mengidentifikasi tokoh dari teks fungsional pendek yang didengar. · Mengidentifiikasi struktur teks fungsional pendek yang didengar. · Mengidentifikasi proses suatu kejadian yang didengar. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. BERBICARA
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/undangan, menerima janji, dan membatalkan janji. | · Berkenalan mis. A: Hello,Soraya B: How do you do Sir A: Hi lizzy. How areyou? B: excellent · Bertemu/berpisah mis A: nice to meet you B: nice to meet you too. · Menyetujui ajakan/tawaran/undangan mis. A: Would you like to go to the theater with me on Saturday night? B: Yes, I’d love t · Menerima janji Mis A: I’ll give you a gift B: It’s very kind of you · Membatalkan janji Mis A: I’m sorry I can’t go with you today B: It’s OK. We’ll go another tim. | · Menggunakan tindak tutur secara berpasangan · Bermain peran/role playing secara berpasangan. | · Menggunakan tindak tutur berkenalan. · Menggunakan tindak tutur bertemu/ berpisah · Menggunakan tindak tutur menyetujui tajakan/tawaran/ undangan · Menggunakan tindak tutur menerima janji · Menggunakan tindak tutur membatalkan janji | Performance | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perha-tian, menunjukkan simpati, memberi instruksi. | · Mengungkapkan perasaan bahagia mis. Oh, I’m so happy Great! · Menunjukkan perhatian mis. A: Look students do you know what I’ve got here B: Oh,no1 · Menunjukkan simpati mis. I’m sorry to hear about your father I know how you feel · Memberi instruksi mis. Crack an egg into a bowl like this Go to sleep. | · Menggunakan tindak tutur secara berpasangan · Bermain peran/role playing secara berkelompok | · Menggunakan tindak tutur meng-ungkapkan perasaan bahagia. · Menggunakan tindak tutur menunjukkan simpati. · Menggunakan tindak tutur menunjukkan perhatian. · Menggunakan tindak tutur memberi instruksi | Performance | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 4. BERBICARA
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative, dan procedure sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | · Pengumuman Lisan · Kosa kata yang terkait/biasa dipergunakan dalam pengumuman | · Menentukan/merumuskan tema dan penggunaan bahasa yang tepat yang akan digunakan dalam membuat pengumuman. · Menyampaikan pengumuman secara lisan sesuai tema yang diberikan secara individu. | · Menyampaikan pengumuman secara lisan. · Menggunakan bahasa yang tepat sesuai tema pengumuman. | Performance | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount,, narrative, dan procedure. | · Teks berbentuk Recount. · Teks berbentuk Narrative · Teks berbentuk procedure | · Membuat cerita/pengalaman pribadi sesuai dengan salah satu jenis teks yang diberikan secara individu. · Menceritakan cerita/pengalaman tersebut kepada teman-teman sekelasnya secara individu | · Menggunakan tenses yang tepat dalam menceritakan suatu peristiwa. · Melakukan monolog tentang pengalaman pribadi sesuai dengan salah satu jenis teks yang telah diberikan. | Performance | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 5. MEMBACA
Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misal-nya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. | · Teks berbentuk pengumuman, iklan, undangan, dll. | · Mengidentifikasi beberapa pengumuman, iklan, undangan, dll, yang tertulis di tempat umum, secara berkelompok. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan, secara berkelompok · Membacakan salah satu teks yang telah dibuat, secara individu. | · Mengidentifikasikan topik dari teks yang dibaca. · Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca. | Quiz Tertulis Tugas | 4X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
5.2 Merespon makna dan lang-kah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dengan menggu-nakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount,, narrative, dan procedure. | · Teks tulis berbentuk Recount. · Teks tulis berbentuk Narrative · Teks tulis berbentuk procedure | · Mengidentifikasikan perbedaan dan persamaan dari ketiga bentuk teks, secara berkelompok. · Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks, secara berkelompok. · Membacakan salah satu teks secara individu. | · Mengidentifikasi struktur teks yang dibaca. · Mengidentifikasi argumen pro dan kontra dalam teks. · Mengidentifikasi tujuan komunikatif dari teks · Mengidentifikasi struktur teks yang dibaca. · Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca. | Quiz Tertulis Tugas | 6X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 6. MENULIS
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misal-nya pengumuman, iklan undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. | · Teks berbentuk pengumuman, iklan, undangan, dll. | · Menuliskan pengumuman, iklan, undangan, secara berpasangan | · Menulis gagasaan utama · Menulis topik · Membuat draft | Tertulis Tugas Performance | 6X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggu-nakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount,, narrative, dan procedure | · Teks tulis berbentuk Recount. · Teks tulis berbentuk Narrative · Teks tulis berbentuk Procedure | · Membuat draft, merevisi, dan menyunting. | · Menggunakan jenis tenses yang tepat dalam menyampai-kan sebuah peristiwa (past tense). · Menghasilkan teks berbentuk Recount. · Menghasilkan teks berbentuk Narrative · Menghasilkan teks berbentuk Procedure. | Tertulis Tugas Performance | 6X45 mnt | Buku Look Ahead X Erlangga Developing English competencies Pusat Perbukuan DIKNAS Contextual Learning Grafindo |
Mengetahui Cicurug, Agustus 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Didin Badruddin Pipin Aripin, S.Pd.,M.M.Pd
NIP. 130 615 772 NIP.480 124 377
No comments:
Post a Comment